Pages

Wednesday 14 October 2015

Kebiasaan Menunda Mengerjakan Pekerjaan



Sebagian mahasiswa memiliki kebiasaan menunda mengerjakan pekerjaan. Akibatnya, saat mendekati deadline, mereka merasa panik lantaran tugasnya belum selesai.


Jika hal tersebut terjadi secara berulang-ulang, berarti tandanya kamu tidak bisa mengatur waktu dengan baik dan cenderung memiliki sifat malas. Untuk menghindarinya, simak beberapa tips berikut ini.

1. Cari tahu penyebab suka menunda
Temukan dulu akar masalah dari kebiasaanmu suka menunda. Misalnya, karena kamu malas mengerjakan tugas pada siang hari sehingga memilih mengerjakannya saat malam hari. Nah, jika saat siang hari kamu memang punya banyak waktu kosong, enggak ada salahnya dong kamu mencoba untuk mengubah kebiasan tersebut.

2. Buat daftar deadline
Buat daftar deadline untuk setiap tugas atau pekerjaan yang harus kamu lakukan. Hal ini bahkan berlaku bagi pekerjaan yang tidak ada deadline-nya. Cara ini dilakukan supaya kamu punya patokan waktu dan target untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

3. Singkirkan benda yang menghilangkan fokus
Smartphone merupakan godaan terbesar seseorang untuk memulai suatu pekerjaan. Mahasiswa yang sedang asyik chatting, main game, atau berselancar di internet pasti sulit meninggalkan kegiatan tersebut untuk memulai menyelesaikan tugas. Oleh karena itu, saat mengerjakan tugas jauhkan smartphone dari jangkauanmu sehingga kamu tidak kehilangan fokus sampai pekerjaanmu selesai.

4. Tolak ajakan yag tak penting
Beberapa mahasiswa sering enggak bisa menolak ajakan teman untuk main atau nongkrong. Padahal, tak jarang saat itu kamu sedang menyelesaikan tugas. Cobalah untuk berani menolak ajakan teman, jika memang kamu sedang dikejar deadline tugas.

5. Jangan mengerjakan sesuatu karena kepepet
Saat sedang kepepet biasanya orang cenderung lancar menyelesaikan sesuatu. Nah, kamu harus hilangkan pemikiran itu. Seseorang bisa lancar saat kepepet karena memang sudah tak punya pilihan lagi untuk tidak menyelesaikan tugas tersebut. Namun, jika direnungkan lagi, pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru tentu hasilnya tidak akan maksimal. (ira)
(rfa)

No comments:

Post a Comment